Air memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan manusia. Satu di antara pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari hari manusia.

Oleh karena itu, dalam pemanfaatan air manusia hendaknya juga mengimbangi dengan menjaga sumber air yang ada di bumi. Membuang buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak. Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak dapat digantikan oleh apapun.

Kegiatan sehari hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu. Dikutip dari Buku Siswa/MI Kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku (2017) oleh Maryanto , dkk, pembangkit listrik tenaga air di Indonesia adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit lsitrik tenaga air di Indonesia.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi lsitrik.

Aliran merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai.

Kincir kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar maka energi yang dihasilkan pun semakin besar. Adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air membuat ketersediaan energi listrik ke rumah rumah akan terpenuhi.

Manusia bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita sehari hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya. Air memiliki peran yang besar dalam kehidupan di bumi. Semua makhluk hidup pasti membutuhkan air dalam kehidupannya.

Air digunakan untuk diminum dan bermanfaat bagi pekerjaan rumah seperti mencuci dan membersihkan rumah. Salah satu manfaat air yaitu menjaga kelestararian lingkungan yang berhubungan dengan tumbuhan. Adanya sungai, pepohonan, dan tumbuhan yang ada disekitarnya akan terpenuhi kebutuhan airnya .

Irigasi merupakan pengaliran air menurut sistem tertentu untuk sawah dan sebagainya. Adanya irigasi membuat sawah menajadi terpenuhi kebutuhan airnya dan menjadi subur. Energi air dapat diubah menjadi energi listrik dengan bantuan kincir air.

Manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan bantuan kincir air. Salain itu, kincir air juga ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.