Kegiatan investasi pada saham kripto menjadi trend saat ini. Dari segi risiko, keduanya memiliki tingkat yang berbeda. Hal ini pun memicu terjadinya perdebatan di publik mengenai produk investasi yang lebih baik antara saham kripto.

 

Saham merepresentasikan persentase sebuah bisnis apakah profit atau tidak. Ini menjadi tolak ukur nilai sebuah perusahaan berdasarkan kinerja organisasi di pasar. Sementara kripto adalah aset digital yang memulai debutnya pada tahun 2009 melalui Bitcoin. Secara nilai, kripto memiliki variasi yang cukup banyak berdasarkan permintaan pasar, jumlah pasokan koin, dan tingkat adopsinya di masyarakat. Kripto menjadi “challenger” bagi saham yang selama ini menjadi pilihan utama investasi masyarakat untuk mendapatkan pasif income.

 

Saat ini banyak investor saham yang mulai mencoba kripto atau mata uang digital karena memiliki return yang amat tinggi jauh dibanding saham. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa return yang tinggi dalam waktu singkat setimpal dengan risiko yang dimiliki. Jauh dibandingkan dengan saham, kripto sangat fluktuatif dari segi harga dan semua koin digital amat bergantung pada harga Bitcoin sebagai mata uang termahal yang ada di kripto. Lalu dari beberapa aspek, mana sebenarnya investasi yang paling menguntungkan dan aman?

 

Persamaan Antara Saham Kripto

Secara experience dan fitur yang ditawarkan sebenarnya saham kripto memiliki persamaan yakni dapat diakses secara digital lewat smartphone atau komputer, opsi perdagangan dalam bentuk market order/limit order/stop loss, serta mekanisme likuiditas berbasis order book. Dengan kata lain, saham kripto tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari segi teknis. Mekanisme pembelian dan penjualan bisa dikatakan hampir serupa, walaupun dalam saham order book kita hanya bisa dilaksanakan pada saat jam kerja bursa efek.

 

Perbedaan Antara Saham dan Kripto

  • Tingkat Risiko

Ketika kamu membeli saham, kamu secara langsung berinvestasi di perusahaan tertentu yang kamu yakini akan berkembang dan memberikanmu keuntungan. Sementara pada kripto, kamu hanya membeli token mata uang kripto tertentu untuk digunakan sebagai investasi digital atau untuk kegiatan trading dalam jangka waktu pendek. Dari sisi pergerakan harga, kripto jauh lebih fluktuatif dibandingkan saham. Misalnya saja dari akhir 2021 hingga kuartal 2022 ini, Bitcoin telah mengalami penurunan drastis mencapai 52%.

  • Pembuat Cryptocurrency dan Distributor Saham:

Salah satu alasan mengapa kripto begitu cepat populer karena sifatnya yang independen dan terdesentralisasi. Siapa pun dapat menjadi penambang dan mendapatkan Bitcoin. Sementara itu, saham perlu diciptakan oleh sebuah organisasi legal dan harus diaudit serta diatur oleh pemerintah.

  • Kripto Lebih Mudah Diretas Dibanding Saham

Seperti disebutkan di atas, pasar saham secara luas diatur oleh lembaga pemerintah dan melalui audit tahunan lengkap. Karena pengawasannya yang ketat, kecil kemungkinan bahwa saham bisa dicurangi atau diretas. Di sisi lain, ini sangat berbeda untuk cryptocurrency. Dengan sifatnya yang terdesentralisasi, mata uang digital atau kripto tidak diatur secara menyeluruh sehingga lebih rentan terhadap penipuan.

Beli Saham dan Kripto di Nanovest

Dari beberapa poin di atas, opsi diversifikasi aset investasi mungkin menjadi jalan tengah yang bisa kamu terapkan. Jadi, risiko yang kamu tanggung pun dapat dipecah sehingga tidak bergantung pada satu jenis aset saja apabila harga salah satu asetmu turun. Lalu bagaimana cara melakukan pembelian saham kripto yang mudah dan aman? Kamu bisa mendownload aplikasi Nanovest, all in one platform untuk investasi saham kripto yang mudah dan aman. Berikut langkah-langkah yang kamu perlu lakukan untuk membeli aset saham kripto melalui Nanovest:

 

  • Download aplikasi Nanovest pada Playstore atau Appstore
  • Kemudian “klik daftar” dan masukkan nomor HP dan masukkan nomor OTP yang dikirimkan ke nomormu.
  • Lakukan proses e-KYC atau verifikasi identitas dengan melakukan selfie dan foto KTP.
  • Setelah verifikasi berhasil, silakan isi saldo wallet melalui berbagai pilihan merchant yang tersedia.
  • Saldo telah terisi dan kini saatnya kamu memilih dan membeli saham atau kripto yang diinginkan. Untuk memilih saham, kamu tekan tab saham yang berada di posisi kedua bagian bawah. Sementara untuk membeli kripto, kamu pilih tab ketiga bagian bawah.
  • Pada masing-masing tab saham kripto, pilih nama aset yang ingin kamu beli.

  • Setelah mendapatkan pilihanmu, pilih nama saham atau kripto tersebut lalu pilih beli berdasarkan jumlah yang kamu inginkan dan pilih “wallet” untuk melihat saham kripto yang sudah
  • Jika kamu ingin menjual asetmu, kamu bisa masuk ke tab “Wallet” yang berada di bagian paling kanan bawah. Lalu pilih saham atau kripto dan set harga jual yang kamu kehendaki. Selesai.

 

Dari pemaparan di atas, kamu sudah tahu mau fokus investasi apa? Poin penting yang perlu diingat adalah kamu usahakan teliti untuk melihat sentimen publik terhadap aset yang ingin kamu beli sebab pergerakan pasar amat bergantung pada hal ini selain analisis teknikal. yuk download aplikasi Nanovest Sekarang! untuk memulai investasi saham kripto!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.