Ada berbagai catatan menarik yang menghiasi hasil pertandingan hari pertama pekan ketujuh Liga Inggris, Sabtu (2/10/2021) tadi malam. Sebagaimana misal catatan di balik hasil imbang yang didapatkan Manchester United saat bertanding melawan Everton. Raihan hasil imbang melawan Everton memperpanjang rekor buruk tim Setan Merah yang selalu kebobolan ketika bermain di Stadion Old Trafford.

Lalu, kegagalan Arsenal mencetak gol dalam laga melawan Brighton juga menyisakan catatan kurang mengenakan bagi tim Meriam London. Arsenal tampak seret gol dalam mengawali perjuangan mereka dalam mengarungi kompetisi awal musim ini di Liga Inggris. Torehan lima gol dari tujuh laga yang sudah dilakoni bukanlah catatan yang bagus bagi tim sekelas Arsenal.

Hal itu menunjukkan lemahnya daya ledak serangan Arsenal dalam membobol gawang lawan. Berikut ini ulasan selengkapnya beberapa catatan menarik yang mewarnai pekan ketujuh Liga Inggris, dilansir dari Opta: Gol Everton yang dicetak Towndsend membuat Manchester United telah kebobolan setidaknya satu kali dalam sembilan pertandingan liga terakhir di kandang sendiri.

Hal itu menunjukkan kesolidan pertahanan Manchester United setiap bertanding di kandang sendiri belum terbukti manjur. Kedatangan Raphael Varane ternyata masih menyisakan lubang yang perlu ditambal oleh Solskjaer. Momen kebobolan gol dari Everton itu membuat Manchester United mengukir rekor buruk dalam laga kandang, khususnya perihal raihan cleansheet.

Manchester United kini telah gagal mencatatkan cleansheet dalam sembilan pertandingan terakhirnya. Catatan itu menjadi yang terpanjang kedua bagi Manchester United dalam hal kegagalan mengukir cleansheet. Manchester United memiliki pengalaman terpanjang gagal meraih cleansheet dalam laga kandang tepatnya tahun 1971 sebanyak sepuluh pertandingan.

Performa impresif diperlihatkan Trevoh Chalobah saat mengantarkan Chelsea mengalahkan Southampton dengan skor 3 1. Pemain akademi Chelsea itu kembali mencuri panggung dalam kemenangan timnya tersebut di Stamford Bridge. Chalobah kembali mampu menjawab kepercayaan Thomas Tuchel dengan torehan gol.

Pemain muda didikan The Blues itu secara brilian mampu mencetak gol keduanya musim ini dalam laga melawan Southampton. Uniknya, dua gol yang telah dicetak Chalobah musim ini hanya dilakukan melalui dua tembakan ke arah gawang lawan saja. Salah satu biang kekalahan Southampton saat bertandang ke markas Chelsea yakni kartu merah yang diterima James Ward Prowse.

Setelah berhasil menyamakan skor lewat eksekusi penalti, pemain asal Inggris itu justru terkena kartu merah pada sepuluh menit akhir laga. Momen Ward Prowse mendapatkan kartu merah itu membuat dirinya menjadi pemain Southampton keempat yang mencetak gol namun diusir wasit. Sebelumnya sudah ada nama Peter Crouch (Mei 2005), Sadio Mane (Oktober 2015), dan Emile Hojbjerg (Desember 2018) yang pernah mengalami nasib yang sama.

Ketiga pemain itu sebelumnya juga berhasil mencetak gol sebelum akhirnya diusir dari lapangan lantaran dikartu merah oleh wasit. Hasil imbang tanpa gol melawan Brighton menyisakan fakta pelik soal daya ledak serangan Arsenal yang miskin gol musim ini. Arsenal tercatat baru mengoleksi lima gol saja dari tujuh pertandingan yang dilakoni.

Lima gol itu tercipta masing masing mulai dari ke gawang Norwich City, Burnley, dan Tottenham Hotspur. Keberhasilan Arsenal hanya mencetak lima gol membuat mereka menyamai catatan musim 1986/1987. Dimana, kala itu Arsenal juga terlihat miskin gol lantaran hanya mencetak lima gol saja dalam tujuh laga pembuka awal musim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.